Sidang Paripurna Peringatan HUT ke 53 Kota Payakumbuh Berlangsung Khidmat, Hamdi Agus : " Kota Payakumbuh Mengukir Banyak Prestasi ".


Payakumbuh ---- 17 Desember 2023 Kota Payakumbuh genap berusia 53 tahun, diperingati dengan berbagai kegiatan dari rakyat untuk rakyat sejak 1 Desember 2023,


Puncak peringatan HUT Kota Payakumbuh yang diresmikan oleh Mendagri pada 17 Desember 1970 silam itu, berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, yang diawali dengan sidang paripurna DPRD setempat tanggal 16 Desember dan upacaranya digelar pada tanggal 17 Desember, tetapi tahun ini, di gelar, Minggu 17 Desember 2023, diawali dengan upacara di Halaman Balaikota, dilanjutkan dengan sidang paripurna DPRD di gedung DPRD Payakumbuh.



Pada sidang DPRD itu,dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi,diwakili staf ahli Gubernur bidang perekonomian,PJ Wako Payakumbuh Jasman Rizal, juga hadir mantan Walikota Yosrizal Zain, mantan wakil Walikota, mantan Sekda, dan utusan Wako dan Bupati se Sumatera Barat, anggota DPR RI, Rezka, wakil ketua DPRD Propinsi Sumbar, mantan ketua ketua DPRD Payakumbuh serta unsur pimpinan dan anggota DPRD Payakumbuh, Kepala SKPD dilingkungan Pemko Payakumbuh, Ketua Pengadilan Negeri & Pengadilan Agama Payakumbuh, Dan Yon 131 Braja Sakti, Dan Den Zipur 2 Prasada Sakti, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Kepala Badan, Dinas, Kantor dan Bagian se – Kota Payakumbuh, Kepala Instansi Vertikal di Kota Payakumbuh , Pimpinan BUMN/BUMND Se-Kota Payakumbuh, Pimpinan Perguruan Tinggi, Kepala sekolah se Kota Payakumbuh, Camat se-Kota Payakumbuh,Ketua LKAAM, KAN dan Bundo Kanduang serta Pimpinan Parpol, Ormas, LSM dan LPM serta Tokoh Masyarakat se-Kota Payakumbuh.



Sidang Paripurna peringatan HUT Kota Payakumbuh tahun ini, dengan mengangkat Tema “BERINOVASI DAN BERKOLABORASI UNTUK PAYAKUMBUH TERUS BERPRESTASI” menjadi paripurna peringatan HUT Kota Payakumbuh yang terakhir bagi anggota DPRD Payakumbuh periode 2019-2024 ini.


Sidang Paripurna yang berlangsung dengan khidmat itu, dipimpin dan dibuka oleh ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus.



Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tamu yang telah hadir.


" Atas nama DPRD Kota Payakumbuh, selamat datang dan terima kasih kepada, para tamu undangan yang telah berkenan mengikuti rapat paripurna peringatan Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh yang ke 53, yang persis bertepatan dengan tanggal dan bulan berdirinya Kota Payakumbuh," Ujar Hamdi


Sidang paripurna ini merupakan puncak peringatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 53 Tahun. Peringatan hari ulang tahun ini dimaksudkan, selain untuk mengenang jasa jasa penggagas dan pendiri daerah ini yang telah banyak berkorban demi lahir dan berdirinya Daerah ini yang kita kenal dengan sebutan Kota Payakumbuh, juga menjadi momentum dalam merefleksikan kembali perjalanan panjang sebuah daerah yang penuh dengan dialetika dalam menghadirkan dan membentuk gelombang romantika yang bermuara pada peradapan masyarakat Kota Payakumbuh seperti yang kita rasakan saat ini. 


Rentang sejarah 53 tahun, para tokoh pemimpin Kota Payakumbuh telah berkarya silih berganti, setiap pemerintahan yang menjalankan kekuasaannya telah bekerja keras dan bertekad membangun kota Payakumbuh ke arah yang jauh lebih baik untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.


Masing – masing pemimpin telah melahirkan berbagai karya monumental yang akan selalu diingat warga Payakumbuh, dengan harapan, kiranya pengabdian dan hasil karya para tokoh pemimpin terdahulu menjadi inspirasi dan kekuatan bagi kita sebagai generasi penerus untuk mewujudkan cita cita luhur pendiri kota Payakumbuh, jelasnya


Pada bagian lain Ketua DPRD Payakumbuh menyampaikan bahwa, tidak lama lagi kita bangsa Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Umum, untuk memilih Anggota DPRD Kota, DPRD Provinsi, DPRRI, DPD dan memilih Presiden. Untuk menyukseskan agenda Nasional tersebut, merupakan tanggung jawab kita bersama tanpa kecuali dengan peran dan fungsi kita yang berbeda beda. Pelaksanaan Pemilu juga menandai akan berakhirnya masa bakti Anggota DPRD Periode 2019-2024, maka Rapat Paripurna peringatan Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh yang ke 53 hari ini adalah Rapat Paripurna Hari Ulang Tahun terakhir yang diikuti oleh Anggota DPRD Periode 2019-2024.


Oleh sebab itu kepada seluruh anggota DPRD,Hamdi Agus berharap untuk memanfaatkan sisa pengabdian yang tersisa untuk meningkatkan fungsi DPRD, berkolaborasi dengan pemerintah Daerah dibawah kepemimpinan Pj Walikota.


Ketua DPRD juga berharap kepada semua komponen masyarakat Kota Payakumbuh, tetap semangat bekerja dan beraktivitas memberikan karya-karyanya demi kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Payakumbuh.


Begitu juga komunikasi, koordinasi dan sinergi antar semua pihak dapat terus dikembangkan sehingga semua bisa bahu membahu membangun dan menata kota Payakumbuh. Semoga petuah-petuah dan nasehat-nasehat dari para ulama, niniak mamak, tokoh masyarakat, cadiak Pandai kita selalu tercurah sehingga kota kita ini selalu tenteram, nyaman dan diberkahi oleh Allah Subhanahu Wata’ala, pintanya.


Selain itu, Ketua DPRD juga berharap dengan kebersamaan kita semua disini yang mewakili semua lapisan masyarakat, pembangunan Kota Payakumbuh dapat memperoleh hasil maksimal. Karena sesungguhnya kebersamaan dan saling mendukung itulah yang dapat dikatakan sebagai prestasi dan kemajuan Kota Payakumbuh, ungkapnya.


Kota Payakumbuh tak henti hentinya meraih berbagai prestasi bergengsi dan membanggakan baik ditingkat Provinsi maupun tingkat Nasional. Penghargaan itu pada hakikatnya adalah milik masyarakat Kota Payakumbuh, terutama semua pihak yang telah memainkan peran masing-masing sesuai porsi dan kompetensinya.

Apa yang kita lihat dengan Kota Payakumbuh hari ini adalah upaya maksimal yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh. Pembangunan tidak pernah bisa dilaksanakan tanpa adanya sebuah pemerintahan yang kuat yang diwujudkan dengan sinergitas antara Pemerintah Kota Payakumbuh dan DPRD Kota Payakumbuh, pungkasnya.


Sementara Pj.Wako, JASMAN RIZAL mengatakan, “53 TAHUN KOTA PAYAKUMBUH,” “BERINOVASI DAN BERKOLABORASI UNTUK PAYAKUMBUH TERUS BERPRESTASI”.


PJ.Wako pada kesempatan itu menguraikan kembali bagaimana proses dan sejarah terbentuknya Kota Payakumbuh, sampai yang pernah menjadi Walikota memimpin Kota Payakumbuh, baik sejak terbentuk Kota Payakumbuh selama pemerintahan orde baru,sampai kepemimpinan diera reformasi, mulai dari Soetan Usman sebagai Wako pertama sampai PJ Rida Ananda,tercatat 7 orang Wako definitif dan 4 orang Wakil Walikota, sertab 3 pejabat Wako dimasa transisi,seperti DRS. H. YULRIZAL BAHARIN, MSI., sebagai Plh Wako tahun 2002, H. PRIYADI SYUKUR, SH.MH., PLT. WALIKOTA pada tahun 2017, DRS. H. RIDA ANANDA, MSI., menjadi PJ. Wako dari 23 September 2022 sampai 22 September 2023.


Menurut Jasman, para pemimpin Kota Payakumbuh terdahulu itu merupakan Tokoh-tokoh yang Berperan besar untuk kota Payakumbuh dan telah memberikan pengabdian terbaik bagi untuk kota Payakumbuh, semoga semua sumbangsih para pemimpin terdahulu untuk kemajuan kota Payakumbuh menjadi amal ibadah yang tinggi nilainya di sisi Allah SWT, ujar Jasman.


PJ.Wako Jasman juga menyampaikan dimasa transisi, PJ Wako Drs. H. RIDA ANANDA, MSI., sukses menjalankan perannya sebagai pejabat Wako dengan tetap mempertahankan tradisi Walikota sebelumnya yang berhasil mempersembahkan catatan prestasi dan penghargaan untuk kota Payakumbuh, jelas Jasman.


Lebih lanjut Wako Jasman Rizal mengatakan, tahun kedua masa transisi sebelum Pilkada serentak tahun 2024, Pemerintah pusat memberi arahan agar seluruh daerah diminta fokus kepada pengendalian inflasi,percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim, percepatan penurunan Prevelensi Stunting dan mengawal proses Penyelenggaraan pemilu Serentak tahun 2024, supaya berjalan dengan tertib dan lancar.


Arahan pemerintah pusat itu telah ditindaklanjuti dengan Melakukan beberapa langkah konkrit, sehingga inflasi di Payakumbuh dapat ditekan dari angka 5,4% pada akhir 2022 menjadi 3,32% di bulan November 2023. Bahkan sempat menyentuh angka 2,34% di pertengahan tahun 2023,sehingga capaian kinerja pengendalian inflasi ini mendapat apresiasi dari pemerintah pusat,karena menjadi salah satu dari enam daerah yang dinilai berhasil mengendalikan inflasi di daerah dan berhak mendapatkan dana insentif fiskal kinerja tahun berjalan sebesar Rp 9,13 Milyar


Dana insentif fiskal ini pada perubahan APBD telah di distribusikan untuk program penguatan pengendalian inflasi, penanggulangan kemiskinan dan stunting yang berdampak secara langsung kepada masyarakat kota Payakumbuh.


Terkait percepatan penghapusan kemiskinan di Payakumbuh menurut Jasman Rizal dilakukan secara kolaboratif melibatkan 19 perangkat daerah serta stakeholder lainnya



Alhamdulillah, dengan segala ikhtiar yang dilakukan angka kemiskinan ekstrem di Kota Payakumbuh berhasil ditekan 41 KK (222) jiwa 2022 menjadi 36 KK (190) pada tahun 2023.


Capaian kinerja percepatan penghapusan kemiskina ekstrem ini, juga mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Payakumbuh mendapat penghargaan sebagai kota terbaik di Indonesia dalam percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023 dan berhak atas dana insentif fiskal kinerja tahun berjalan sebesar 6,78 Milyar.


Sementara penurunan Prevalensi Stunting, dilakukan melalui program kegiatan kolaborasi lintas perangkat daerah,


Atas semua capaian prestasi yang diraih menunjukkan semangat kita untuk kemajuan kota Payakumbuh ini tidak pernah surut, dengan kesungguhan dan kebersamaan tetap kita berjuang untuk kemajuan kota Payakumbuh, pungkas Wako.


Sementara Rezka Oktoberia Anggota DPR RI yang hadir pada sidang paripurna peringatan HUT Kota Payakumbuh itu, menilai di usia ke 53, kemajuan pembangunan kota Payakumbuh sudah lebih pesat.


Untuk itu,Rezka Oktoberia Anggota DPR RI berharap lebih kemajuan-kemajuan Kota Payakumbuh ini akan menjadi lebih pesat di tahun yang akan datang,sesuai Tema HUT Kota Payakumbuh ke 53 tahun inovasi dan berkolaborasi untuk Payakumbuh yang berprestasi.


Menurut Rezka judul Tema yang sangat luar biasa itu, dia berharap ini bukan hanya sekedar tema saja tetapi ini bisa direalisasikan bersama kerjasama dari pusat provinsi dan kota serta semua pihak yang terkait di dalamnya

itu sangat dibutuhkan.


“Rezka siap untuk itu semua dan sebagai anak dari Kota Payakumbuh dia lahir dan dibesarkan di Kota Payakumbuh dan berharap Kota Payakumbuh akan jauh lebih maju di tahun yang akan datang,”harapnya (CAN) 


#liputankhususdprdkotapayakumbuh

Komentar