Pemerintah Kota Payakumbuh Dinilai Tim PPD Tingkat Nasional Tahun 2023.



Payakumbuh---- Pemerintah Kota Payakumbuh dikunjungi tim penilai Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahap III tingkat Nasional,Rabu (29/3/2023) 


Penilaian dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 29 dan 30 Maret 2023. Tim penilai PPD tingkat nasional menilai beberapa tempat yaitu Sentra Randang Kota Payakumbuh, School Of Randang, MPP, RPH Modern dan Taman Batang Agam. 



Tim penilai disambut hangat oleh PJ Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda Didampingi Plt. Sekretaris Daerah Dafrul Pasi, Asisten II Elzadaswarman, Asisten III Ifon Satria Chan, Camat dan Lurah se Kota Payakumbuh, Ketua LKAAM Yb. Datuak Parmato Alam, Niniak mamak, cadiak pandai serta tokoh masyarakat.  


Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan usai mengikuti tahapan presentasi dan wawancara di hadapan Tim Kementerian PPN/Bappenas, Kota Payakumbuh berhasil masuk sepuluh besar tingkat nasional PPD 2023.


PPD merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan Kementerian PPN/Bappenas. Di mana pada tahap kedua pada 14 Maret 2023, Kita telah mempresentasikan program unggulan yang ada di Kota Payakumbuh. 


“hari ini  kita lanjut ke tahap ketiga  penilaian yaitu verifikasi lapangan. Kami selaku PJ. Wali Kota Payakumbuh mengharapkan Kota Payakumbuh dapat menang sebagai juara 1 ditingkat nasional. Semoga harapan kami dapat terkabul di bulan yang suci ini," Ujar Rida



Adapun aspek capaian yang dinilai pada Tahap III Verifikasi Kota Payakumbuh :


1. Pertumbuhan Ekonomi

2. Tingkat pengangguran terbuka dan jumlah penganggur

3. Kemiskinan

4. Indeks pembngunan manusia

5. Ketpamgan antar kelompok pendapatan

6. Pelayanan publik

7. Keamanan dan ketertiban

8. Pengelolaan keuangan

9. Transparansi dan akuntabilitas

10. Capaian pembangunan fisik


Penilaian PPD ini mengevaluasi 4 hal, (pencapaian pembangunan dengan bobot penilaian 30%, kualitas dokumen perencanaan dengan bobot 30%, proses penyusunan dokumen perencanaan bobot 20% dan inovasi daerah dengan bobot penilaian 20%) aspek 9 kriteria dan 22 indikator pengukuran kinerja pembangunan daerah secara Nasional. 




"Kita sudah sukses melalui 2 tahapan di tingkat Nasional. Semoga sukses juga melalui tahapan yang terakhir dan membawa piala yang tentunya mengharumkan nama Provinsi Sumatera Barat di kancah Nasional," Harap Rida (can) 


Komentar